5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Puasa

Menjaga kesehatan kulit saat puasa sangat penting, tidak hanya untuk kaum hawa, kaum adam pun perlu melakukannya. Jangan sampai masalah-masalah seperti kulit kasar, kusam, dan kering muncul karena kekurangan cairan tubuh.

Keadaan puasa tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh, seperti kulit dan asupan nutrisi yang tepat. Sehingga masalah-masalah kulit tidak muncul di kemudian hari.

Menurut dr. Aninda Marina, SpDV kebiasaan menjilat bibir yang kering justru bisa memperburuk kondisi kekeringan. Bahkan bisa menyebabkan radang, gatal, memerah, dan pecah-pecah atau eksim bibir.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Puasa

Lantas, bagaimana untuk menjaga kesehatan kulit ketika tidak makan dan minum seharian? Bagaimana mencukupi kebutuhan dan nutrisi untuk tubuh, khususnya nutrisi bagi kulit? Berikut beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Puasa

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Cukupi kebutuhan cairan pada saat berbuka hingga sahur. Umumnya adalah 1,5 liter dalam 24 jam atau 30 ml/kgbb/24 jam, pemenuhan ini bisa Anda lakukan ketika berbuka, sahur, maupun waktu-waktu di luar puasa.

Untuk penyerapan nutrisi cairan yang maksimal, hindari minum kopi dan soda. Sebab kedua minuman tersebut bisa menghambat penyerapan. Kekurangan cairan tubuh saat puasa bisa mengurangi kelembaban kulit dan memicu berbagai masalah yang lain.

2. Menjaga Asupan Makanan

Ketika berbuka dengan makanan manis dan mengandung banyak gula memang enak. Namun jika berlebihan, justru hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya jerawat di kulit. Kurangi konsumsi gula berlebihan, hal ini bukan berarti tidak boleh makan manis. Makanlah secukupnya saja, asalkan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Idealnya, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks rendah gula, mengandung protein, dan vitamin seperti A, B, dan C. Tambahkan hidangan berupa sayur serta konsumsi buah, baik saat sahur maupun berbuka.

Konsumsi suplemen vitamin D juga merupakan hal yang baik. Hal ini bisa mencegah kemunculan kulit eksim serta memperbaiki imunitas untuk kulit saat puasa.

3. Menggunakan Pelembab Kulit

Pelembab kulit tubuh berguna untuk menghindari kekeringan. Gunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda. Misalnya pelembab yang mengandung hyaluronic acid atau gliserin, gunakan secara rutin dua kali sehari sehabis mandi.

Umumnya, orang yang berpuasa akan mengalami bibir kering. Maka pakai pelembab bibir yang mengandung petroleum jelly tanpa tambahan pewangi untuk mencegahnya.

4. Penggunaan Tabir Surya

Kalau Anda merupakan orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari secara langsung. Penggunaan tabir surya sebagai salah satu cara menjaga kulit saat puasa memang diperlukan untuk mencegah sinar UVA dan UVB. Sinar tersebut bisa merusak sel kulit serta membuat penuaan datang lebih cepat.

Dalam memilih tabir surya (sunscreen), pilih yang mengandung SPF minimal 30 dengan PA++, pakai dua jari untuk wajah. Ulangi penggunaan setiap 4 jam sekali atau setelah terbasuh oleh air.

5. Aneka Perawatan Kulit saat Puasa

Ada beberapa jenis perawatan untuk menjaga kesehatan kulit saat puasa, antara lain: mikrodermabrasi athena (mengangkat sel kulit mati), intraceutical (melembabkan dan mencerahkan), oxygeneo (mengencangkan dengan memberi oksigen ke kulit), chemical peeling (peremajaan dan penghilangan jerawat), dan laser sesuai dengan indikasi masing-masing jenis kulit.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat, baik kulit wajah, bibir, maupun tubuh. Itulah beberapa cara untuk menjaga kulit saat puasa, jangan lupakan pembersih wajah, sunscreen, dan pelembab selain nutrisi dari makanan dan minuman ya.

Posting Komentar