Mau artikel seperti di blog ini? Coba konsultasi

Bagaimana Menulis Judul yang Tepat di Artikel?

Bagaimana cara menulis judul yang tepat? Ini ada 3 versi yang dapat menunjukkan bahwa website Anda profesional.

Menulis judul di artikel tidak sembarangan, berikut ini bagaimana menulis judul yang tepat.

Judul artikel adalah nama yang menggambarkan isi/konteks pembahasan di dalam sebuah konten artikel. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas lebih khususnya artikel website.

Pasalnya, artikel ilmiah dengan website tentu saja berbeda. Namun secara umum, penulisan judulnya sama. Terkait kata apa saja yang ditulis kapital dan mana yang tidak kapital.

Judul memiliki peran yang penting, baik untuk User Experience (UX) maupun SEO on page website. Misalnya, keyword mengandung judul akan lebih berpotensi muncul pada pencarian pengguna. Sedangkan judul yang profesional dengan susunan tepat (termasuk di dalamnya ada kata kunci), memberi kesan baik pada UX.

Ada beberapa jenis penulisan judul artikel pada pembahasan kali ini. Masing-masing penulisan menerapkan standar yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Bagaimana Menulis Judul yang Tepat di Artikel

Manfaat Menulis Judul yang Tepat

  1. Menampilkan situs web dengan lebih profesional. Apalagi untuk situs perusahaan, menawarkan jasa menulis, atau media pemberitaan daring. Maka dari itulah, terkait penulisan judul mestinya sudah benar-benar tuntas.
  2. Judul yang tepat akan meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna. Sebab, pengguna dapat memahami isi yang terkandung di dalam artikel melalui judulnya. Sebagai catatan, tema bisa menjadi judul namun tidak sebaliknya, judul tidak bisa menjadi tema.
  3. Meningkatkan SEO on page pada website. Judul yang sudah dioptimasi menggunakan kata kunci dan density sesuai dengan target, akan meningkatkan persentase muncul di hasil pencarian. Selain di judul, bagian density yang vital adalah sub judul.

3 Versi Menulis Judul yang Tepat

Penulisan judul mana yang kapital dan tidak kapital sebenarnya diterapkan juga pada sub judul artikel. Anda bisa menggunakan salah satu versi berikut.

Contoh judul yang kurang tepat: Bagaimana Cara Pakai Kondom Yang Benar Supaya Tidak Hamil?

Judul di atas bisa diubah dengan cara ini.

1. Huruf Pertama yang Kapital

Penerapan penulisan judul ini juga dipakai oleh situs pemberitaan daring AntaraNews.

Menjadi: Bagaimana cara pakai kondom yang benar supaya tidak hamil?

Perlu Anda perhatikan, bahwa untuk kata yang memang seharusnya kapital seperti letak geografis, nama orang, singkatan, atau nama agama tetap ditulis kapital.

2. Semua Huruf di Judul Kapital

Ini merupakan penulisan judul yang masih sesuai dengan pedoman dan tepat. Kalau Anda bingung menentukan mana yang kapital dan tidak, gunakan saja semuanya kapital.

Menjadi: BAGAIMANA CARA PAKAI KONDOM YANG BENAR SUPAYA TIDAK HAMIL?

Pada penulisan ini, kata hubung hingga kata depan tetap ditulis kapital.

3. Cara Menulis Judul yang Tepat

Sedangkan untuk versi ketiga ini, mengikuti pedoman yang sudah umum. Yaitu memberlakukan kapital dan tidak kapital di dalam penulisan judul.

Menjadi: Bagaimana Cara Pakai Kondom yang Benar supaya Tidak Hamil?

Perhatikan kaya yang dan supaya tidak ditulis kapital.

Apa Saja Kata yang Tidak Kapital di Judul?

  1. Kata depan atau disebut juga preposisi: di, ke, dari, pada, dalam, yaitu, kepada, daripada, untuk, bagi, ala, bak, tentang, mengenai, sebab, secara, terhadap, di, ke, dari, dalam, atas, oleh, kepada, terhadap, akan, dengan, tentang, dan sampai.
  2. Konjungsi atau disebut juga kata penghubung: dan, serta, atau, tapi, tetapi, namun, melainkan, padahal, sedangkan, yang, agar, supaya, biar, biarpun, jika, kalau, jikalau, asal(kan), bila, manakala, sejak, semenjak, sedari, sewaktu, tatkala, ketika, sementara, begitu, seraya, selagi, selama, sambil, demi, setelah, sesudah, sebelum sehabis, selesai, seusai, hingga, sampai, andaikan, seandainya, umpamanya, sekiranya, biar(pun), walau(pun), sekalipun, sungguh(pun), kendati(pun), seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, daripada, alih-alih, sebab, karena, oleh karena, oleh sebab, sehingga, sampai, dan maka(nya).
  3. Interjeksi atau disebut juga kata seruan: dong, sih, wow, yuk, dan lho.
  4. Artikula atau disebut juga kata sandang: para, si, dan sih.
  5. Partikel lain seperti: pun dan per.

Catatan: ketika kata-kata di atas berada di awal judul, tetap ditulis kapital.

Contoh:

Agar Tidak Hamil, Perhatikan Ukuran Kondom

Perhatikan Ukuran Kondom agar Tidak Hamil

Demikianlah cara menulis judul yang tepat, semoga membantu!

Posting Komentar

© Romafi WK. All rights reserved. Developed by Jago Desain