Mau artikel seperti di blog ini? Coba konsultasi

Menulis Pembukaan Artikel Blog Paragraf Awal Lebih Mudah

Dengan cara ini, menulis pembukaan artikel akan menjadi jauh lebih mudah. Tidak banyak, hanya 3 langkah cepat.

Cara menulis pembukaan artikel seringkali menjadi kendala di awal. Jika di awal sudah mengalami masalah, untuk menulis satu tulisan artikel blog atau website lengkap membutuhkan waktu lebih lama.

Artikel terdiri dari informasi lengkap mengenai suatu topik pembahasan. Oleh karena itulah, mengembangkan pembahasan yang masih satu lingkup dengan topik tersebut sangat penting penulis lakukan.

Saya di ArtikelManual.com akan mencoba memberi cara yang lebih mudah dan cepat untuk hasil tetap enak dibaca.

Menulis Pembukaan Artikel Blog Paragraf Awal Lebih Mudah

Bagaimana Menulis Pembukaan Artikel untuk Blog dengan Lebih Mudah?

Untuk menulis artikel blog, tentu tidak sama dengan artikel ilmiah. Kalian membutuhkan riset mendalam untuk mendapatkan data dari lapangan jika artikel ilmiah. Menulis artikel untuk blog jauh lebih mudah, karena data-data dapat kalian dapatkan dari internet (Indo dan luar negeri).

1. Mulai dengan Pernyataan Mengandung Keyword

Artikel blog membutuhkan optimasi SEO on page yang mana akan membantu dalam menggaet pengunjung organik. Kalian dapat memulai dengan pernyataan yang mengandung kata kunci di kalimat pertama.

Pernyataan ini bersifat umum, yang akan kalian jelaskan pada kalimat penjelas selanjutnya. Contoh kalimat pembukaan artikel dengan pernyataan dan keyword.

Jenis ayam Bangkok di Indonesia sangat populer. (umum dan keyword: jenis ayam Bangkok) Oleh karena itulah, harga ayam Bangkok tidak semahal jenis ayam langka seperti Birma atau Saigon. (khusus)

2. Melanjutkan dengan Memberi Fakta

Selanjutnya, kalian dapat mengembangkan untuk menulis pembukaan artikel di atas dengan fakta. Caranya cukup mudah, yaitu melakukan riset dari marketplace, media sosial, dan berita terbaru tentang topik tersebut.

Alinea pembuka artikel ini bertujuan memberi kesinambungan dengan sebelumnya. Untuk paragraf awal tidak perlu banyak-banyak, total maksimal adalah 200 kata saja. Contohnya sebagai berikut.

Harga ayam Bangkok usia 3 bulan di pasaran Indonesia sekitar Rp200 ribu. Sedangkan ayam dewasa antara Rp500 ribu sampai Rp2 jutaan. Semakin ayam Bangkok sering menang aduan, maka harganya senantiasa naik.

3. Menjelaskan Latar Belakang Topik Utama

Berhubung di contoh penulisan artikel untuk kalimat pembuka membahas tentang jenis ayam Bangkok, maka latar belakangnya harus menjawab pertanyaan mengapa pembaca harus tahu jenis ayam Bangkok?.

Mengetahui jenis ayam Bangkok sangat penting agar Anda tidak salah dalam membelinya. Sebab, ada ayam yang cocok untuk aduan hingga untuk ayam hias. Selain dari tujuan menggunakan ayam untuk apa, ternyata jenisnya bisa kita lihat dari keturunan murni atau campuran.

Secara umum, menulis pembukaan artikel harus singkat, padat, dan jelas. Pembaca tidak akan meluangkan lebih banyak waktu hanya untuk membaca pembukaan. Fokus pada isi yang memberikan informasi berdasarkan topik yang kalian bahas.

Kalian bisa menambahkan kalimat interaksi dengan pembaca (ini opsional). Contoh kalimat interaksi seperti artikel ini akan menjelaskan jenis ayam Bangkok untuk Anda, setelah membaca informasi ini, Anda akan lebih mudah membedakan mana yang murni dengan harga tinggi dan mana yang bukan.

Untuk menulis pembukaan artikel saya pikir begitu sudah sangat cukup. Fokus utama penulis artikel blog atau website tetap pada isi yang memberikan informasi relevan. Dalam mengembangkan isi, kalian bisa riset kata kunci turunan, menyusun blueprint artikel di awal, hingga menerapkan penulisan kreatif sesuai masing-masing gaya bahasa artikel blog bersangkutan.

Posting Komentar

© Romafi WK. All rights reserved. Developed by Jago Desain